Kerusakan Transistor Horizontal



Kerusakan Transistor Horizontal
Kerusakan televise yang berjenis CRT/tabung. Transistor ini berfungsi sebagai penguat horizaontal atau sering juga disebut transistor HOT/Horizaontal Ouput Transistor. Transistor horizontal ini sering mengalami kerusakan karena memang arus dan fungsi yang dihandlenya termasuk arus besar yang mudah menyebabkan panas dan tentu saja lebih beresiko untuk mengalami kerusakan.                  
Berikut ini merupakan beberapa penyebab dari transistor horizontal jebol terus:
1.       Kapasitor damper yang berubah kapasintasi
Kapasitor ini merupakan kapasitor yang biasanya terdapat pada bagian horizontal dan memiliki nilai antara 6.8 nF-10nF dengan tagangan antara 1kV-2kV. Fungsi dari kapasitor ini adalah sebagai peredam spike/peredam/menyerap tegangan kejut yang besarnya bisa ribuan Volt diantara kumparan primer flyback pada saat rangkain horizontal bekerja.
Tegangan yang besarnya ribuan volt ini berasal dari induksi flyback yang pada saat bekerja diberi pulsa on-off secara simultan pada kumparan primer flyback. Disinilah fungsi dari kapasitor damper tersebut, yaitu untuk meredam tegangan kejut yang besarnya hingga ribuan volt.
Transistor memiliki tegangan kerja maksimal yang bisa dialiri oleh nilai tegangan tertentu. Dan tegangan ribuan volt yang melalui transistor ini jika tidak diserap oleh kapasiitor damper maka akan langsung merusak transistor.
2.       Flyback yang short pada kumparan primer dan sekunder
Flyback transformer memiliki resistansi yang kecil pada kumparan primernya sehingga menjadikannya tidak optimal jika dilakukan pengujian dengan ohmmeter. Begitu juga dengan kumparan sekunder. Yang umum dan sering terjadi adalah kerusakan pada kumparan primer horizontal ( kolektor Tr HOT ) yang short.

Pada kerusakan tipe ini jika masih terjadi transistor jebol setelah dilakukan penggantian. Maka bisa diakali dengan menggunalkan sebuah bohlam lampu yang dipasang seri antara kolektor Tr horizontal dan input primer dari flyback. Bila pada gambar yang ditunjukan, posisi lampu tepat diletak tulisan h-out. Pemasangan lampu dimaksudkan untuk menguji rangkaian horizontal apakan terjadi short di flyback/transistor.

1 komentar:

andreas

nice infonya gan, bermanfaat sekali
https://cody.id/produk/blower-infrared/blower-infrared-cody-899d/

Posting Komentar