Cara mencabut / memasang IC BGA pada TV dan HP

Sebelum anda mengangkat  IC  BGA pada hand phone dan tv . siapkan dulu alat yang diperlukan
  1. kwas lembut  , pinset . dan tener untuk pembersih
  2. timah dan songka cair
  3. kawat tembaga serabut untuk mengambil sisa timah
  4. plat cetak  IC BGA
  5. blower , solder 30 watt
cara mencabut IC BGA
taruh kan  songka cair ( pasta ) keseluruh badan dan kaki IC secukupnya agar panas nya tidak merusak IC . panaskan pakai blower sambil digoyang-goyangkan IC  tersebut pakai pinset sampai  tercabut keluar. Bersihkan sisa timah di kaki IC pakai kawat tembaga serabut hingga rata permukaan nya juga PCB nya . setelah itu bersihkan pakai tener IC maupun PCB nya  dan keringkan .
cara pasang IC BGA .
untuk memasang IC BGA anda harus membuat kaki IC dahulu caranya ambil plat pencetak IC BGA tempelkan pada IC tersebut hingga pas betul lalu oleskan timah cair pada permukaan plat yang berada diatas IC hingga lumer timah tersebut menjadi kaki IC ,  angkat plat cetakan dan anda amati  apakah semua kaki sudah tercetak dan rata ,
kalau sudah IC siap dipasang . pasang IC BGA tepat pada PCB sebelumnya oleskan dulu  pakai songka cair IC dan PCB nya  , perhatikan kaki no 1 jangan sampai salah , oleskan songka cair diatas badan IC . lalu panaskan badan IC tersebut sambil ditekan sedikit pakai pinset sampai terlihat IC menempel pada PCB nya , bersihkan pakai tener sedikit  dan selesai.

1 komentar:

LOVELYZ TRILOGY

makasih sudah mau share min
https://cody.id/produk/blower/

Posting Komentar